Taktik Dan Strategi Permainan Sepakbola

Setelah si penyerang memenangkan duel udara, pemain di sekitarnya harus mendaptkan bola liar atau second ball dari hasil umpan panjang tersebut. Kita menentukan formasi tertentu untuk memastikan adanya dukungan, kedalaman, lebar, dan cakupan bidang baik dalam serangan atau pertahanan.

Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan. Istilah one two atau satu dua tidak hanya ada di olahraga sepak bola saja namun juga terdapat dalam olahraga permainan futsal. Bermain satu dua sentuhan atau one two ini dilakukan antar pemain dengan satu kali sentuhan dan kemudian bola akan diumpankan kembali kepada pemain lain. Selepas pemain pertama melakukan pengoperan kepada temannya ia harus berlari ke ruang kosong yang tidak ada lawan untuk siap menerima kembali umpan dari temannya tersebut jika bola diberikan lagi kepadanya. Tujuan utama dari gerakan rotasi pemain ini adalah membuka ruang agar menemukan celah kosong yang dapat dimanfaatkan tim untuk membangun serangan dan menerobos ke daerah pertahanan lawan.

Setiap pemain harus bertanggung jawab atas posisi atau areanya. Setiap pemain harus memainkan posisinya dengan baik dan kepercayaan teman-temannya untuk bermain positions. Ketika bola dikuasai oleh lawan di sekitar wajah kita, kita harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga serangan mereka bisa kita istirahat atau setidaknya kita tarik. Adapun ketika lawan menguasai bola di daerah pertahanan mereka, kita juga harus melakukan tekanan terhadap bola sehingga kita dapat menangkap dan menguasai bola untuk kemudian mencetak gol.

Adapun jika kita menyerang maka tim harus posisi pemain berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang lebar dan untuk menceraiberaikan pertahanan lawan. Selain menunjuk seorang pemain sebagai kapten, pelatih juga akan menentukan siapa pemain yang akan mengambil tendangan bebas langsung, tendangan sudut, dan algojo pinalti. Pemain yang ditunjuk untuk melakukan tendangan bebas langsung haruslah pemain yang memiliki akurasi dan kekuatan tendangan yang cukup baik. Banyak gol yang tercipta dari tendangan bebas langsung ini, yang dilakukan oleh pemain dengan akurasi tendangan yang baik.

Setiapformasi mempunyai ciri-ciri dan menuntut kualitas atau tingkat kemampuan pemain yang berbeda-beda. Strategi wall pass adalah strategi penyerangan yang digunakan untuk mengatasi pertahanan yang sangat ketat dan rapat. Strategi ini sangat sederhana karena hanya melibatkan dua orang pemain melalui umpan pendek yang cepat. Dalam strategi penyerangan ini tidak memungkinkan penyerang berlama-lama menahan bola.

Jika pemain depan tim kami selalu berusaha untuk mencuri bola dikontrol oleh pemain belakang lawan. Jika itu berhasil dilakukan, peluang mencetak gol cukup besar. ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari ‘serangan’ untuk ‘bertahan hidup’. Secara umum, jika tim kita bertahan maka harus posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan yang masif.

Untuk bisa melakukan rotasi ini dengan baik dan benar maka sangat dibutuhkan komunikasi dan kekompakan antar pemain lini depan tengah dan belakang. Ketika kekompakan terbentuk maka sebuah tim akan dapat menciptakan serangan yang variatif dan serangan yang efektif. 7. Jika tim Anda bermain dengan bola-bola panjang (pemain belakang sering memberikan umpan panjang langsung ke pemain depan), usahakan agar tim Anda tetap melakukan umpan-umpan pendek di daerah pertahanan lawan. Jika tidak, tim Anda akan kesulitan untuk melakukan finishing.

2 . Ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari ’menyerang’ menuju ’bertahan’. Secara umum, jika tim kita bertahan maka hendaknya posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan yang masif. Adapun jika tim kita menyerang maka hendaknya posisi para pemain saling berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang yang lebar dan untuk menceraiberaikan pertahanan lawan. Dalam sepak bola, bola panjang merupakan sebuah tendangan atau umpan jauh yang dilakukan kiper atau bek dari garis pertahanan mereka langsung ke lini depan. Biasanya dalam menerapkan taktik ini penyerang harus memiliki fisik yang tinggi besar agar dapat berduel memenangkan bola.

Pemain terbagi atas Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (“mencetak gol”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya.

Bahkan setiap posisi pemain dalam system tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama. Pertahanan bersama atau daerah (zone marking) merupakan pertahanan yang menuntut kebersamaan. Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *